Ecoprintnya Gunungkidul buatan Warga Desa Ngalang

Wonggundul 08 Januari 2020 14:03:19 WIB

Ngalang_samekta. Sejak awal Tahun 2018 Komunitas Ibu Kreatif (KIK) dibentuk oleh Perpusdes Ngalang Membaca beranggotakan wali siswa peserta Les Mingguan Gratis Perpustakaan Desa, yang kemudian juga mendapatkan beberapa kali pelatihan melalui Dana Desa Pemerintah Desa Ngalang, diantaranya Pelatihan Pengolahan Sampah (yang juga di support oleh DPK Kabupaten Gunungkidul) dan Pelatihan Pembuatan Ecoprint di Akhir Tahun 2018 yang murni menggunakan Dana Desa Tahun Anggaran 2018.

Sejak itu kiprah KIK mulai serius menekuni 2 (dua) jenis usaha keterampilan, yaitu pengolahan limbah plastik kresek dan pembuatan kain ecoprint. Apa itu Ecoprint?

Ecoprint adalah Teknik memberi pola pada bahan atau kain mengunakan bahan alami baik itu pewana maupun corak pada kain yang menggunakan daun dan bunga asli. Dan saat ini sedang booming dan sangat digandrungi karena motto kembali ke alam memang sedang trend.

Dan Pemerintah Desa Ngalang berusaha menangkap peluang itu dengan mengikut sertakan ibu-ibu yang tergabung dalam KIK ini untuk mengikuti Pelatihan Pembuatan Ecoprint Tingkat Dasar di Akhir Tahun 2018.

Setelah sukses dengan penyelenggaraan pelatihan tersebutan kemudian pemasaran dilakukan dengan mengikuti berbagai pameran yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Ngalang, DPK Kabupaten Gunungkidul maupun Bank BDG dan beberapa instansi lain, juga melalui pemasaran online, telah membawa produk-produk KIK tersebut melanglang buana hingga ke Jakarta, Tangerang, Cirebon, Semarang bahkan Amerika.

Impian besar Pemerintah Desa Ngalang bahwasanya Ecoprint buatan KIK ini akan menjadi produk unggulan desa, bahkan Gunungkidul, dengan kekayaan alamnya berupa aneka ragam tanaman/dedaunan dan bunga yang akan terus digali dan dicoba untuk di buat Ecoprint sehingga Brand EcoGeKa akan meluas dan membawa keberkahan bagi warga Desa Ngalang. Karena selain produk olahan makanan kami juga berharap memiliki nilai tambah pada jenis produk lainnya.

Saat ini produk Ecoprint meliputi Syal, Pashmina, Jilbab Segiempat, Kain untuk bahan dan juga sedang merintis membuat aneka tas, baju dll.

Anda minat?hubungi Sri Mulyati No HP: 0822 4380 6530

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung