RIBUAN WARGA HADIRI RASUL GUBUGGEDHE

Wonggundul 02 Juli 2019 11:29:39 WIB

Ngalang_sidamekta. Senin Pahing tepatnya tanggal 1 Juli 2019 Desa Ngalang Menyelenggarakan Puncak Upacara Adat Rasul GubugGedhe bertempat di Lapangan GubugGedhe Desa Ngalang. Ribuan masyarakat Desa Ngalang dan juga dari luar wilayang turut hadir dalam upacara tersebut.

Acara dimulai dengan kirab Gunungan dari 14 Padukuhan yang diikuti oleh bregodo-bregodo masing masing yang terdiri dari berbagai macam kesenian dusun,Lembaga dusun dan masih banyak lainnya dengan menggunakan kreatifita dusun masing-masing. Kirab dipimpin oleh Kepala Desa Ngalang Bapak Kaderi di dampingi oleh Ketua BPD Bapak Waskito dan Juga Pemangku Adat Desa Ngalang Bapak M.Satijan dan diikuti juga oleh Perangkat Desa dan juga Anggota BPD. Kirab dimulai Pukul 09.00 Pagi dengan jarak kurang lebih 2 KM dan memakan waktu 2 jam.

Sesampainya di Lapangan Gubug Gede, gunungan yang berisi makanan dan hasil bumi dibawa memutari sebuah gubug yang terbuat dari anyaman daun kelapa. Ikrar penyerahan gunungan bersama dipimpin Muhammad Satijan Saryono pemangku adat Desa Ngalang,dan Doa dibacakan oleh Bapak. Usai didoakan, isi gunungan pun diperebutkan warga yang sudah menanti di area Gubug Gede. Tanpa memakan waktu lama, gunungan pun habis tanpa sisa.

Kepala Desa Ngalang mengatakan bahwa Gunungan merupakan symbol dari kehidupan manusia khususnya warga ngalang. Gunungan dengan bentuk kerucut dalam arti di Desa Ngalang ini banyak sekali lereng-lereng Pegunungan yang bisa menghasilkan berbagai macam sayur-sayuran maupun buah-buahan dan Palawija lainnya yang menjadi sumber kehidupan masyarakat Ngalang.

Turut Hadir dalam acara tersebut, Kepala DP3AKBPM&D Bapak Sujoko sekaligus sebagai wakil dari Bupati Gunungkidul, Kepala Dinas Kebudayaan DIY maupun Gunungkidul,Kepala Dinas Pariwisata DIYdan Gunungkidul, Camat Gedangsari Bapak Martono Iman Santoso beserta jajarannya,serta beberapa Kepala Desa di dari Kecamatan Gedangsari maupun dari Nglipar,Patuk,dan juga Playen.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung