MUJAHADAH DAN PENGAJIAN DALAM RANGKA PEMBUKAAN GELAR POTENSI KESENIAN ANAK DAN RASUL GUBUG GEDHE

25 Juni 2019 06:34:20 WIB

Ngalang_sidamekta. Desa Ngalang yang merupakan salah satu Desa Budaya yang ada di Kabupaten GunugnKidul akan Melaksanaka Upacara Adat Rasul GubugGedhe pada tanggal 1 Juli 2019. Acara tersebut merupakan agenda tahunan di Desa Ngalang. Tujuan dari acara tersebut adalah untuk melestarikan budaya yang ada diDesa Ngalang.

Sebelum acara tersebut dilaksanakan akan dibuka dengan Gelar Festival Kesenian Anak pada tanggal 25 Juni-29 Juni 2019. Tujuan diadakannya acara tersebut adalah ntuk melestarikan dan mengembangkan hasil karya seni dan budaya tradisional daerah dan harapannya Seni dan budaya tradisional asli daerah tidak akan lenyap ditelan oleh gegap gempitanya seni dan budaya milik bangsa asing.Festival ini diikuti oleh 14 Padukuhan yang ada di Desa Ngalang.

Namun sebelum festival tersebut dilaksanakan dibuka dengan Mujahadah dan Pengajian,sebagai Pembicaranya adalah KH.Bardan Utsman,M.Pd.I. Selain itu juga dimeriahkan oleh Grup Shalawat alang-alang Kumitir dari Dusun Sambeng. Warga Desa Ngalang sangat Antusias dan berbondong-bondong untuk menghadiri, tidak kurang dari 800 masyarakat yang hadir dalam Acara tersebut.

Dalam sambutanya kepala Desa Ngalang Bapak Kaderi menegaskan bahwa diadakanya Rasul GubugGedhe ini selain untuk melestarikan budaya yang ada di Desa Ngalang juga untuk menjaga GuyubRukun yang merupakan Slogan bagi warga Desa Ngalang. Dalam tausiahnya KH.Bardan Utsman,M.Pd.I juga menyampaikan pentingnya menjaga dan melestarikan Budaya karena Dalam perkembangannya Islam tidak dapat dipisahkan dengan budaya, bahkan Islam merangkul budaya untuk menyampaikan ajarannya. #DesaNgalang#Rasul#GubugGedhe#2019#Guyubrukun

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung