Kalurahan Ngalang Laksanakan Upacara Adat Nyadran Gunung Genthong Tahun 2024

Wonggundul 25 April 2024 10:10:58 WIB

Ngalang_Samekta, Prosesi Upacara Adat Nyadran Gunung Genthong Kalurahan Ngalang Tahun 2024 yang dilaksanakan pada hari Selasa Kliwon (23/04/2024), Upacara adat atau tradisi Nyadran Gunung Genthong merupakan adat budaya warisan nenek moyang yang telah dilestarikan secara run temurun dan dianggap atau diyakini sebagai cikal bakal adanya Kalurahan Ngalang. Acara tersebut dilaksanakan disebuah tempat yang disebut Gadean dimana letaknya berada dibawah kaki Gunung Pengantenan atau biasa disebut Gunung Genthong. Gadean Gunung genthong, merupakan tempat petilasan Prabu Brawijaya V atau Prabu Brawijaya Kertabumi.

Upacara Adat Nyadran Gunung Genthong diawali dengan mengumpulkan hasil bumi berupa polowijo yang dilakukan oleh warga Kalurahan Ngalang di Balai kalurahan Ngalang. Hasil bumi tersebut dipikul oleh warga menggunakan jodang sejauh 3 km dengan berjalan kaki.

            Pelaksanaan Upacara Adat Nyadran tersebut di hadiri oleh Kundha Kabudayan Gunungkidul, TIM Monev, Panewu, Forkompinkap Gedangsari beserta warga masyarakat Kalurahan Ngalang yang antusias menyambut acara tersebut.

            Lurah Ngalang berharap Upacara Adat Nyadran tahun ini dapat membawa berkah kepada masyarakat Kalurahan dan kedepannya warga semakin guyub rukun.Hasil Panen yang di dapat semakin meningkat sehingga Petani di Kalurahan Ngalang semakin sejahtera.

Dalam sambutannya Kundha Kabudayan Gunungkidul dan TIM Monev sepakat bahwa Upacara Adat Gunung Genthong ini merupakan Sejarah dan sudah diakui oleh Pemerintah Provinsi DIY

 

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung