MUSRENBANGKAL NGALANG DALAM PENYUSUNAN RKP TAHUN 2024

Wonggundul 03 Oktober 2023 14:20:15 WIB

Ngalang Samekta. Sebagai tindak lanjut perumusan Rancangan RKP Kalurahan Tahun Anggaran 2024 setelah sebelumnya dilakukan Musyawarah Kalurahan (Muskal) Jumat (11/08/2023) Pemerintah Kalurahan Ngalang bersama lembaga-lembaga kalurahan serta Tokoh Masyarakat,Tokoh Perempuan dan Wakil dari Masyarakat Miskin kembali melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan Kalurahan (MUSRENBANGKal) Tahun anggaran 2024  untuk menyepakati hasil RKP yang telah dirumuskan oleh tim perumus RKPKal dan DURKP tahun 2025. Acara tersebut dilaksanakan pada hari selasa ( 19/09/2023).Turut hadir dalam musyawarah tersebut Panewu Kapanewon Gedangsari, Jawatan Kemakmuran Kapanewon Gedangsari, Pendamping Desa, dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngalang

Dalam sambutanya, lurah ngalang menyampaikan beberapa hal antara lain tujuan dari Musrenbang Kalurahan adalah penyusunan program kerja yang akan dilaksanankan satu tahun yang akan dating. Dalam penyusunan RKP maupun APBDes mengutamakan prioritas dan di kalurahan Ngalang antara lain adalah penanganan stunting, Pengeboran lading di area lungguh untuk ketahanan pangan saat musim kemarau tiba dan beberapa insfrastruktur lainnya seperti cor rabat, talud dan JUT.

 Disisi lain tanggapan positif juga disampaikan oleh Pemerintah Kapanewon Gedangsari, bahwasanya selain telah menyiapakan Musrenbangkal dengan baik, dan harapanya dengan program pemerintah kalurahan yang telah disusun berpihak kepada masyarakat dan menjadikan kalurahan Ngalang menjadi lebih maju lagi baik infrastruktur dan warga masyarakatnya.

Rancangan yang telah disusun oleh Tim Penyusun RKP di paparkan oleh Carik Ngalang, Dwi EKo Yulianto yang didampingi oleh Tim penyusun lainya. Lebih lanjut musyawarah ini, setelah paparan materi oleh Carik Ngalang, pimpinan sidang membentuk beberapa kelompok untuk mewakili masing-masing bidang guna membentuk Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan (DURKP). Hasil dari sidang masing-masing kelompok tersebut menghasikan usulan sebagai berikut :

Prioritas Bidang Ekonomi :

  1. Pelatihan digital marketing bagi UMKM
  2. Kampanye gemar makan ikan diposyandu
  3. Pelatihan wirausaha pemula bidang usaha batik kain
  4. Kampanye gemar makan ikan di posyandu
  5. Pelatihan wirausaha pemula bidang makanan olahan

 

Prioritas Bidang Fisik :

  1. Pelatihan pengendalian bahaya kebakaran
  2. Gerakan Kali Bersih
  3. Sosialisasi Peraturan Bidang Tata Ruang
  4. Pelatihan Relawan Penanggulangan Bencana
  5. Meluasnya sistem jaringan air minum perpipaan

 

Prioritas Bidang Sosial Budaya :

  1. Pelayanan perekaman data penduduk wajib KTP-el secara jemput bola bagi manula dan penyandang disabilitas
  2. Pembangunan jamban dan Pembuangan akhir tinja sehat bagi KK miskin KAPANEWON GEDANGSARI
  3. Pelatihan Ketrampilan Masyarakat Perempuan Desa Prima
  4. Pembangunan jamban sehat bagi KK miskin KAPANEWON GEDANGSARI
  5. Bantuan Sosial Alat Bantu Kursi Roda

 

Diakhir sidang musyawarah ini, pimpinan sidang memimpin penandatangan berita acara oleh Lurah, Carik dan wakil peserta Musrenbangkal. Untuk selanjutnya hasil sidang ini akan diolah oleh tim perumus RKPKal untuk disusun lebih lanjut. (latepost)

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung