GELAR POTENSI BUDAYA, ACARA PEMBUKA RASUL GUBUG GEDHE

26 Juni 2018 22:14:54 WIB

Ngalang_SIDA. Desa Ngalang Kecamatan Gedangsari akan melaksanakan Upacara Adat Rasul Gubug Gedhe besok pada hari minggu pahing tanggal 01 juli 2018. Upacara Adat yang dilaksanakan pada setiap tahunnya ini adalah Upacara yang wajib dilaksanakan oleh warga Desa Ngalang setelah musim panen kedua selesai dilaksanakan. Upacara Adat yg lebih dikenal dengan Rasulan Gubug Gedhe ini telah masuk didalam kalender budaya di Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul dn juga Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelum dilaksanakanya kegiatan tersebut, Panitia yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Ngalang mengadakan gelar potensi budaya. Potensi yang dipentaskan di Lapangan Gubug Gedhe mulai sabtu malam tanggal 23 juni 2018 sampai hari jum'at malam tanggal 29 juni 2018 ini merupakan potensi kebudayaan yang ditampilkan dari ke-14 Padukuhan di Desa Ngalang. Pementasan ini merupakan potensi budaya yang dimiliki Desa Ngalang meliputi Reog, Jathil, Sendra Tari, Rebana serta Drama Kolosal.

Setelah selesainya kegiatan pementasan Gelar Potensi Budaya, pada hari sabtu malam minggu tanggal 30 juni 2018 di aula Balai Desa Ngalang akan diadakan pagelaran seni karawitan yang di Desa Ngalang acara tersebut dinamakan "MIDODARENI" semalam suntuk dan pada pagi harinya akan dilaksanakan kirab gunungan dari ke-14 Padukuhan yang mana start dimulai dari Komplek Balai Desa Ngalang menuju ke lapagan Gubug Gedhe dimana acara inti Rasulan Gubug Gedhe akan dilaksanakan di dalam gubug berukuran 25 x 16 meter di lokasi tersebut dan ditutup dengan pagelaran wayang kulit yang mana akan dilaksanakan di Aula Balai Desa Ngalang pada malam harinya.

Komentar atas GELAR POTENSI BUDAYA, ACARA PEMBUKA RASUL GUBUG GEDHE

Badrung sang pemimpi 26 Juni 2018 22:30:44 WIB
Mantap mantap
26 Juni 2018 22:28:51 WIB
Sak jose ngalang memang ok

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung