PELATIHAN KONVERGENSI STUNTING UNTUK KPM DAN KADER POSYANDU

Wonggundul 01 Oktober 2020 15:48:00 WIB

Ngalang_Sidasamekta.Sebagai bentuk komitmen untuk menekan angka stunting, melaui kegiatan Pengembangan Kelembagaan dan Pembinaan Keluarga Sejahtera , Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gunungkidul memfasilitasi pelatihan Konvergensi Stunting di Kelurahan Ngalang Kapanewon Gedangsari.

Pelatihan yang dibuka oleh Kaderi (54) Lurah Ngalang ini menghadirkan 30 peserta dari unsur Kader Posyandu dan Kader Pembangunan Manusia ( KPM ).
Dalam sambutannya Lurah Ngalang menyampaikan bahwasanya pelatihan ini selaras dengan upaya Pemerintah Kalurahan Ngalang yang telah menuangkan dalam APBDes Tahun 2020 melalui kegiatan Rumah Desa Sehat (RDS) dengan memfasilitasi seperangkat Tablet Android sebagai sarana KPM untuk melakukan entry data terkait data Bumil, Balita dan Lembaga PAUD maupun Posyandu se Kaurahan Ngalang. Termasuk di dalam nya dibarengi dengan kegiatan penunjang lainnya.

Dalam pelatihan yang diselenggarakan pada hari Selasa 29 September 2020 bertempat di Balai Kelurahan tersebut, hadir sebagai narasumber Ibu Ana Dwi Wahyuni ( Pendamping Desa ) dan Sukoco ( PLD ) yang bergantian menyampaikan materi terkait teknis pengisian form F1 yang berisi Data Layanan,
Form 2A memuat tentang Ibu Hamil,
Form 2B tentang pemantauan anak 0-2 tahun dan
Form 2C untuk pemantauan layanan dan sasaran PAUD anak usia 2-6 Tahun.

Dalam kesempatan ini pemateri menyampaikan apresiasi atas program kerja Rumah Desa Sehat yang sudah sebagian besar mengakomodir kebutuhan konvergensi stunting dilevel kalurahan, termasuk kinerja KPM yang sudah bergerak lebih dengan ikut terlibat langsung dalam melaksanakan kegiatan Rumah Desa Sehat.

Dengan dilaksanakan kegiatan tersebut diharapkan kedepan dapat tersaji data yang akurat dan akuntabel sehingga memungkinkan arah kebijakan yang selaras dengan permasalahan yang ada sehingga angka stunting di Kalurahan Ngalang dapat ditekan serendah mungkin.

Ketua TP PKK Kelurahan Ngalang beserta sejumlah Pamong turut hadir dalam pelatihan yang dipungkasi pada pukul 16.05 wib tersebut.( ES)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung