NYADRAN GUNUNG GENTHONG DI TENGAH PANDEMI COVID19

Wonggundul 24 Juni 2020 06:28:54 WIB

Ngalang_samekta. Tradisi upacara adat Nyadran Gadean Gunung Genthong Kalurahan Ngalang Kapanewon Gedangsri Kab Gunungkidul Alhamdulillah telah dilaksanakan hari ini Selasa Kliwon tgl 23 Juni 2020 dengan lancar dan hikmat.
Di masa pandemi Covid19 Kegiatan tersebut dilakukan dengan sangat ringkas dan sederhana dengan mentaati ketentuan protokol kesehatan,
Walaupun demikian tidak mengurangi kesakralan dari upacara adat tersebut. Acara Nyadran di hadiri oleh Seluruh Pamong Kalurahan Ngalang,Pemangku Budaya Kalurahan Ngalang,Lembaga Desa,pendamping Budaya,dan juga tokoh masyarakat di wilayah Dusun Mangung.
Tradisi ini merupakan adat budaya warisan nenek moyang yang telah dilestarikan secara run temurun dan di yakini sebagai Cikal bebakal dumadining Desa Ngalang.
Gadean sebutan dari tempat untuk melakukan upacara adat berada di bawah kaki gunung temantenan atau lebih di kenal dengan sebutan gunung Genthong adalah merupakan tempat petilasan pesanggrahan Prabu Brawijaya V atau Brawijaya Kerta Bumi Raja Majapahit
Ketika dalam pelarian saat di kejar Raden Patah yang tidak lain adalah anak kandung beliau sendiri.
Tujuan Raden Patah yang di bantu oleh Sunan Kalijaga dan para sunan Demak lainnya tidak lain agar Sangprabu Brawijaya berkenan memeluk Agama Islam.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung