FESTIVAL DOLANAN ANAK

31 Januari 2018 07:15:41 WIB

Ngalang_Sidasamekta . Saat ini di era digital,pemainan tradisional terus terpinggirkan, hal ini menjadi   kepriatinan  bagi pemerintah Desa Ngalang yang dalam 4 tahun mencoba mempekenalkan dan menghidupkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak. Maka dari itu pada hari Minggu tanggal 28 Januari 2018 kemarin Pemerintah Desa Ngalang bekerjasama dengan KKn Universitas Sanata Dharma yogyakarta mengadakan Festival  Dolanan Anak di Lapangan Sepakbola Desa Ngalang. Dolanan anak  atau permainan anak tradisional yang di lombakan adalah egrang,lompat tali dan bakiak. Acara di mulai dengan melaksanakan Kirab menggunakan Egrang dari Rest Area Gubug Gedhe menuju ke Lapangan Sepak Bola Ngalang. Anak-anak pun sangat antusias dan terlihat bahagia dengan perlombaan ini.

Menurut Kepala Desa Ngalang Bapak KADERI Kegiatan ini untuk melestarikan potensi budaya yang ada yang juga merupakan potensi Desa yang ada di Desa Ngalang ini.

Yudha wardani peserta lomba Bakiak mengaku merasa bahagia dengan adanya lomba ini meskipun lomba ini cukup sulit karena membutuhkan kekompakan Tim.

Selain melestarikan budaya permainan tradisional juga merupaka upaya edukasi penting dalam membangun karakter anak. Dalam kegiatan ini juga selingi dengan tarian-tarian tradisional maupun musik tradisioanal .

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung